December 9, 2023

Nama area adalah komoditas panas di dunia yang berpusat pada teknologi saat ini. Penjualan ‘insure.com’ senilai $16 juta ke Quinstreet pada tahun 2009 mungkin telah memecahkan rekor dunia, namun nama area jualdomain.co.uk yang lebih panjang pun secara rutin dijual seharga ratusan dolar setiap hari. Hasilnya adalah peluang unik bagi investor untuk berinvestasi pada nama area yang dapat dijual untuk mendapatkan keuntungan di masa depan.

Membangun Portofolio Area yang Stable
Membangun portofolio area berkualitas tinggi dapat memakan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk menyelesaikannya. Seringkali, kuncinya adalah menantikan area apa yang mungkin menjadi populer di masa depan dan melakukan lindung nilai melalui jumlah dengan membeli ratusan area. Yang lain memilih untuk membeli beberapa area yang sudah terkenal dan duduk di sana dengan harapan mereka menghargai nilainya.

Nama Generik
Kata-kata yang menggambarkan suatu produk atau layanan, termasuk produk baru dan baru muncul, bisa menjadi investasi besar. Namun sangat penting untuk menghindari masalah hak cipta atau merek dagang yang dapat mengakibatkan penyitaan area .

Nama Geografis
Nama kota atau negara, termasuk lokasi yang akan datang, dapat menjadi investasi besar dari waktu ke waktu yang dapat dijual kepada pengembang internet yang ingin membangun portal komunitas atau bisnis lain yang berpusat pada komunitas tersebut.

Nama Bisnis
Nama bisnis umum, seperti dokter gigi atau ahli kiropraktik, dapat menjadi investasi besar jika digabungkan dengan nama geografis.

Nama Tepat Waktu
Nama yang tepat waktu dapat menjadi investasi besar bila dikombinasikan dengan peristiwa yang terjadi pada tahun tersebut, seperti jualdomain.uk.

Jual Beli Nama Area
Ada banyak cara berbeda untuk membeli dan menjual nama area. Banyak pendaftar area standar , seperti GoDaddy.com, yang memfasilitasi penjualan melalui lelang . Sementara itu, situs internet khusus, seperti Sedo, dirancang khusus untuk membeli dan menjual nama area. Terakhir, area parkir dengan halaman untuk dijual adalah cara yang bagus untuk menarik minat calon pembeli.

3 Cara Menghasilkan Uang dari Portofolio Area Anda
Tetapkan Harga
Menetapkan harga tertentu adalah metode yang disukai penjual area yang memiliki portofolio area besar dan tidak terburu-buru untuk menjualnya.

Lelang
Lelang adalah cara terbaik untuk menjual nama area dengan profil lebih tinggi yang memiliki banyak peminat, karena biasanya menghasilkan harga setinggi mungkin.

Menawarkan
Membuat penawaran penjualan sangat cocok untuk area khusus yang mungkin tidak memiliki banyak peminat dan/atau di mana nilai pasti dari area tersebut tidak diketahui dengan baik.

Risiko Berinvestasi di Area
Ada banyak risiko yang harus dipertimbangkan dengan cermat oleh calon investor area sebelum membeli dan menjual. Tiga risiko terbesar adalah likuiditas , subjektivitas, dan legalitas, namun masih banyak risiko lain mulai dari penilaian yang menyesatkan hingga pembayaran escrow yang salah . Calon pembeli harus mempertimbangkan risiko ini dengan cermat sebelum berinvestasi pada nama area.

Likuiditas
Sebagian besar saham dan obligasi dapat dibeli dan dijual dengan mudah melalui dealer , namun nama area bisa lebih sulit untuk dijual. Menemukan pembeli yang tepat sering kali hanya membutuhkan pencatatan penjualan selama beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun, yang berarti investor harus memiliki jangka waktu yang panjang dan kemampuan untuk menerima kerugian.

Subyektivitas
Saham dapat dinilai berdasarkan nilai diskonto arus kas masa depan , sedangkan obligasi dapat dinilai berdasarkan pembayaran kupon dan suku bunga. Area adalah penilaian yang jauh lebih subjektif dan sangat sulit ditentukan. Dan pihak yang disebut sebagai penilai area terkenal karena memberikan penilaian tinggi yang mungkin sulit untuk diwujudkan.

Legalitas
Nama area bisa menjadi bisnis yang sulit dari sudut pandang hukum. Memilih nama yang terlalu mirip dengan nama merek dagang dapat mengakibatkan tuntutan hukum dan perintah pengadilan untuk membatalkan nama area tersebut secara free of charge. Dalam kasus lain, nama area yang dicuri dapat dijual sebelum pembeli dapat mengetahui bahwa mereka bukanlah pemilik sebenarnya.

Garis bawah
Seperti halnya investasi apa pun, nama area memiliki risikonya sendiri. Namun, bagi investor yang rajin dan mempertimbangkan risiko dan keuntungan secara menyeluruh, nama area dapat menjadi investasi yang menghasilkan keuntungan tinggi, dan merupakan cara unik untuk mendiversifikasi portofolio investasinya.