July 18, 2024
Begini Cara isi ulang APAR yang tepat

Cara Tepat Isi Ulang Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Alat pemadam api ringan atau APAR wajib dipelihara dengan baik termasuk dilakukan pengisian ulang secara berkala agar senantiasa siap digunakan saat terjadi kebakaran. Namun tahukah Anda bagaimana cara mengisi ulang APAR yang benar? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

7 Cara Mudah dan tepat isi ulang APAR

Pertama, periksa tanggal kedaluwarsa dan kondisi fisik APAR. Jika sudah lewat 5 tahun atau kondisinya sudah aus dan penyok, sebaiknya ganti APAR baru saja karena bisa berisiko tidak berfungsi saat digunakan. Pastikan Anda membeli APAR yang berstandar SNI dan bersertifikat.
Kedua, longgarkan kerah APAR lalu lepaskan tabung dari dudukannya untuk memulai proses pengisian ulang. Bagian bawah tabung dilengkapi pentil untuk mengeluarkan bahan pemadam dan gas dorong sebelum diisi ulang.
Ketiga, buka pentil pada bagian bawah APAR wet chemical dengan kunci pentil yang dipinjamkan dari pusat layanan. Biarkan sisa cairan dan gas terlepas habis kemudian bersihkan sisa kotoran pada mulut pentil juga bagian dalam tabung menggunakan kain lap.
Keempat, timbang berat kosong tabung untuk menghitung berapa gram bahan pemadam yang harus diisi sesuai kapasitas APAR. Standar pengisian yaitu sekitar 80% dari kapasitas tabung. Kemudian pompa cairan pemadam ke dalam tabung dan tambahkan gas dorong hingga tekanan mencapai 12 bar.
Kelima, setelah pengisian, eratkan kembali pentil dengan kunci dan posisikan kembali APAR pada dudukannya. Pastikan kerah topang terkunci dengan baik agar APAR tetap kokoh.
Keenam, tandai APAR yang sudah diisi ulang bersama tanggal pengisian untuk inventaris. Tempel stiker baru berisi informasi isi ulang di badan APAR agar memudahkan tracking perawatan.
Ketujuh, lakukan pengujian dengan menekan tuas dan tombol pemicunya untuk memastikan APAR berfungsi normal. Semprot sebentar konten di udara terbuka untuk mengecek pancaran dan jarak jangkau apinya.
Itulah cara tepat mengisi ulang alat pemadam api ringan (APAR) agar tetap aman dan maksimal digunakan saat terjadi kebakaran. Selain pengisian ulang secara berkala, Anda juga wajib melakukan tes dan perawatan berkala di supplier apar seperti tonataindonesia.com agar performa APAR senantiasa prima saat dibutuhkan.